Amsal 10:32 Tulus dan menyenangkan

Kata-kata orang tulus menyenangkan hati; kata-kata
orang jahat selalu menyakiti. (BIS)

Banyak orang telah terlatih untuk mengeluarkan kata-kata yang menyenangkan. Bahkan ada yang begitu terampil untuk menyenangkan orang lewat caranya bertutur kata. Namun berbahaya jika menyenangkan orang lain menjadi tujuan utama dalam berkomunikasi. Bisa-bisa kita harus membayar hal tersebut dengan kesakitan.

Ketika kata-kata yang kedengaran menyenangkan itu keluar dari hati yang tidak tulus, untuk sementara orang akan bergembira mendengarnya. Namun jika terbukti bahwa sebenarnya hal tersebut hanyalah tipu muslihat, maka orang akan merasa dikhianati dan sakit hati. Demikian juga bagi kita yang mengeluarkan kata-kata yang tidak sesuai kondisi hati, sering hal tersebut justru membuat kita merasa tertekan dan sakit.

Jika kita berfokus untuk memiliki hati yang tulus, dan juga menerima orang lain secara tulus hati, maka kita pun akan dapat belajar menyatakan hal-hal yang memang sesuai kenyataan dengan cara yang bisa diterima orang, bahkan jika isi komunikasi itu sebenarnya tidaklah menyenangkan. Namun karena kita ingin yang terbaik, bagi orang lain dan juga kita sendiri, kita akan mencoba mengolah komunikasi yang tidak menyenangkan itu menjadi sesuatu yang cocok dengan suasana pada saat itu. Pada waktunya kita akan menjadi orang yang trampil berkata-kata dengan tulus dan benar, dengan cara-cara yang baik dan dapat diterima orang lain.

Bagaimana menjadi orang yang terampil bicara baik dan menyenangkan:

  • Mulai dengan hati yang tulus, memikirkan hal-hal yang baik, tentang orang lain maupun diri sendiri
  • Belajar untuk menerima orang lain secara tulus, baik kekurangan maupun kelebihannya
  • Belajar untuk mengucapkan kata-kata yang tulus dan benar, namun sesuai dengan situasi dan kondisi,

KJV Proverbs 10:32 The lips of the righteous know what is acceptable: but the mouth of the wicked speaketh frowardness. NAS Proverbs 10:32 The lips of the righteous bring forth what is acceptable, But the mouth of the wicked, what is perverted. NIV Proverbs 10:32 The lips of the righteous know what is fitting, but the mouth of the wicked only what is perverse. NLT Proverbs 10:32 The lips of the godly speak helpful words, but the mouth of the wicked speaks perverse words.  ITB Proverbs 10:32 Bibir orang benar tahu akan hal yang menyenangkan, tetapi mulut orang fasik hanya tahu tipu muslihat.

Satu respons untuk “Amsal 10:32 Tulus dan menyenangkan

Tinggalkan komentar