Amsal 10:28 Harapan

Harapan orang baik menjadikan dia bahagia; harapan orang jahat kosong belaka. (BIS)

Orang yang kehilangan harapan, akan kehilangan semangat untuk hidup. Harapan adalah kondisi hati menantikan sesuatu yang baik yang akan datang, atau keinginan yang akan jadi nyata. Kesan yang ditimbulkan dari tema harapan adalah adanya penantian, percaya, dan optimisme, semuanya merujuk pada masa depan yang lebih baik. Dan inilah yang menjadi dorongan orang untuk terus mempertahankan hidup, atau berjuang untuk menjadi lebih baik.

Walaupun harapan semua orang pastilah baik menurut dirinya sendiri, namun ada perbedaan antara harapan orang yang arif dan orang yang tidak berhikmat. Harapan orang benar keluar dari hati yang sudah diisi dengan kebenaran ilahi. Kebenaran ini akan memunculkan keinginan yang baik dan benar. Dan ada jaminan bahwa harapan ini tidak akan sia-sia, karena Tuhan sendiri yang akan bekerja untuk memenuhi sesuai kehendak-Nya, dan membawa sukacita dan kesejahteraan bagi orang yang benar.

Sebaliknya harapan orang jahat keluar dari hati yang tidak tunduk pada kehendak Allah. Akibatnya apa yang menjadi keinginan orang jahat tersebut, walaupun keluar dari kebutuhan manusia yang sama, namun biasanya ingin diisi dengan hal-hal yang jahat, dan cenderung didapatkan dengan cara-cara yang jahat juga. Akibatnya harapan itu tidak terpuaskan, walaupun mungkin apa yang menjadi keinginan bisa didapatkan. Misalnya berharap untuk menjadi orang kaya, dan kemudian melakukan segala cara untuk mendapatkan kekayaan. Bahkan ketika kekayaan itu sudah diraih, namun sukacita yang dibawa kekayaan tidaklah berlangsung lama, dan akan timbul keinginan yang baru, yang terus tidak terpuaskan. Dalam hal ini, harapan ini menjadi sesuatu yang sia-sia.

KJV Proverbs 10:28 The hope of the righteous shall be gladness: but the expectation of the wicked shall perish. NAS Proverbs 10:28 The hope of the righteous is gladness, But the expectation of the wicked perishes. NIV Proverbs 10:28 The prospect of the righteous is joy, but the hopes of the wicked come to nothing. NLT Proverbs 10:28 The hopes of the godly result in happiness, but the expectations of the wicked come to nothing. ITB Proverbs 10:28 Harapan orang benar akan menjadi sukacita, tetapi harapan orang fasik menjadi sia-sia.

2 respons untuk ‘Amsal 10:28 Harapan

  1. RIANTIMARIA Maret 19, 2010 / 2:44 pm

    TAKUT AKAN TUHAN ADALAH PERMULAAN PENGETAHUAN

  2. sugiarno Mei 7, 2010 / 6:05 am

    Sebuah pencerahan nan indah, salam kenal …

Tinggalkan komentar